Selasa, 06 Mei 2025

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA " MENGEMBANGKAN KREATIFITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI GELAR TARI DAN KARYA" TAHUN 2023

 

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PELAKSANAAN

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

Untuk meningkatkan efektivitas Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik di SLB Budi Asih Gombong, serta menjadi dasar evaluasi, disahkan Laporan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Ajaran 2023/2024.

 

 

 

 

 

Gombong, 17 Juni 2024

Mengetahui,

Kepala SLB Budi Asih Gombong

 

 

 

 

Tri Yuliani, S.Pd

NIP. 19640706 200701 2 008

 

Ketua Kegiatan

 

 

 

 

Nur Azizah, S.Pd.I, Gr

NIP. -

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berangkat dari kesadaran kita sebagai makhluk yang lemah dan senantiasa bergantung atas kuasanya kita panjatkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat, taufiq, hidayah dan inayah-Nya, sehingga kita dapat menyelesaikan amanah yang diembankan kepada kita bersama. Di tahun pelajaran 2023/2024 SLB Budi Asih Gombong akan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk semua jenjang. Karakteristik Kurikulum Merdeka salah   satunya yaitu projek penguatan profil pelajar pancasila. Peserta didik diharapkan memiliki karakter1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5)

bernalar kritis, dan 6) kreatif.

SLB Budi Asih Gombong telah melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Ada tiga projek yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Adapun ke tiga projek tersebut yaitu; 1) Kearifan Lokal, 2) Gaya Hidup Berkelanjutan, dan 3) Kewirausahaan. Projek Tema Kearifan Lokal menampilkan Tari Mutiara Nusantara, Tari Capat-Cipit, Tari Cepetan, Tari Rampak, dan Tari Burung Kutilang. Projek Tema Gaya Hidup Berkelanjutan menghasilkan Baju dari Kain Perca. Projek Tema Kewirausahaan menghasilkan produk Telor Asin, Tempe, dan Sayuran Organik.

Akhirnya marilah kita tunaikan dan kita laksanakan amanah yang sudah dipercayakan kepada kita dengan penuh sungguh-sungguh, bertanggung jawab, dedikasi tinggi, loyalitas yang menyeluruh. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuknya kepada kita semua, Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Gombong, Juni 2024

Ketua Kegiatan

 

 

Nur Azizah, S.Pd

NIP. -


DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL....................................................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN.........................................................................................................
KATA PENGANTAR...................................................................................................................
BAB I............................................................................................................................................
A.    LATAR BELAKANG......................................................................................................
B.     DASAR HUKUM............................................................................................................
C.     MAKSUD DAN TUJUAN..............................................................................................
D.    HASIL YANG DIHARAPKAN ......................................................................................
BAB II PROFIL SLB BUDI ASIH GOMBONG........................................................................
A.    VISI SLB BUDI ASIH GOMBONG...............................................................................
B.     MISI SLB BUDI ASIH GOMBONG..............................................................................
BAB III PROFIL PELAJAR PANCASILA.................................................................................
A.    PENGERTIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA.........................................................
B.     DIMENSI PENGERTIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA .......................................
BAB IV PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA........................................
A.    KOORDINATOR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA.............
B.     SUSUNAN PANITIA KEGIATAN ASESMEN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
C.     PEMILIHAN TEMA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA........
D.    TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA..........................................................................................................................................
BAB V PENUTUP.......................................................................................................................
LAMPIRAN.................................................................................................................................

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Mulai Tahun Ajaran 2023/2024 ini, Kurikulum Merdeka menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan. Sebelum ditetapkan sebagai satuan pendidikan yang menerapkan kurikulum merdeka, satuan pendidikan tersebut mengisi beberapa instrumen kesiapan implementasi kurikulum merdeka. Ada dua kategori satuan pendidikan yang secara mandiri mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu; mandiri berbagai dan mandiri berubah.

Karakteristik utama dari kurikulum merdeka adalah:

1.      Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila

2.      Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

3.      Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Melalui projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari secara mendalam tema-tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Projek ini melatih peserta didik untuk melakukan aksi nyata sebagai respon terhadap isu-isu tersebut sesuai dengan perkembangan dan tahapan belajar mereka. Projek penguatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. (Kemendibudristek, 2022)

Pada Tahun Ajaran 2023/2024 SLB Budi Asih Gombong ditetapkan sebagai salah satu satuan pendidikan yang mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan kategori mandiri berubah. SLB Budi Asih Gombong senantiasa berupaya untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka sebaik mungkin, khususnya dalam melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila.

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SLB Budi Asih Gombong di bagi menjadi tiga projek, ke tiga projek tersebut yaitu; “Kearifan Lokal” (Tema 1), “Gaya Hidup Berkelanjutan” (Tema 2) dan “Kewirausahaan” (Tema 3). Jenjang SD melaksanakan projek tema satu dan dua, jenjang SMP dan SMA  melaksanakan projek tiga tema.

 

B.       DASAR HUKUM

1.      Pasal 17 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

2.      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);

3.      Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587), sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UndangUndang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);

4.      Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 87, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6676) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 14, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4762);

5.      Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5105), sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5157);

6.      Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan;

7.      Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 194, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4941); Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru;

8.      Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat Dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah;

9.      Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah;

10.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah;

11.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah;

12.  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan pada 3 Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah;

13.  Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran;

14.  Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 009/H/Kr/2022 Tentang Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka;

C.     Maksud Dan Tujuan

Adapun Maksud dan tujuan dari Laporan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila :

1.      Menanamkan karakter Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia kepada peserta didik.

2.      Menanamkan karakter Berkebhinekaan Global kepada peserta didik.

3.      Menanamkan karakter Bergotong Royong kepada peserta didik.

4.      Menenamkan karakter Mandiri kepada peserta didik.

5.      Menanamkan karakter Bernalar Kritis kepada peserta didik.

6.      Menanamkan karakter kreatif kepada peserta didik.

 

D.                HASIL YANG DIHARAPKAN

Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SLB Budi Asih Gombong antara lain:

1.      Tersedianya dokumen laporan yang dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan keberhasilan, evaluasi dan perbaikan pelaksananaan P5.

2.      Karakter Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berahlak Mulia dapat membudaya atau berkembang di SLB Budi Asih Gombong.

3.      Karakter Berkebhinekaan Global dapat membudaya atau berkembang di SLB Budi Asih Gombong.

4.      Karakter Bergotong Royong dapat membudaya atau berkembang di SLB Budi Asih Gombong.

5.      Karakter Mandiri dapat membudaya atau berkembang di SLB Budi Asih Gombong.

6.      Karakter Bernalar Kritis dapat membudaya atau berkembang di SLB Budi Asih Gombong.

7.      Karakter Kreatif dapat membudaya atau berkembang di SLB Budi Asih Gombong.

 

 


BAB II

PROFIL SLB BUDI ASIH GOMBONG

A.    VISI SLB BUDI ASIH GOMBONG

Membekali anak berkebutuhan khusus agar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan, keterampilan serta dapat hidup secara mandiri.  

B.     MISI SLB BUDI ASIH GOMBONG

1.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Menjadikan peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan melalui layanan formal, dan dapat hidup mandiri serta berpartisipasi di Masyarakat.  


 

BAB III

PROFIL PELAJAR PANCASILA

A.      PENGERTIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Visi Pendidikan Indonesia yaitu; Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila dimaknai sebagai “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilainilai Pancasila.” Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler.

Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0. Penguatan profil pelajar pancasila diimplementasikan ke dalam projek yang dilakukan oleh peserta didik. Projek penguatan profil pelajar pacasila adalah Projek Lintas Disiplin Ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya pelaksanaan projek ini tidak terikat oleh rumpun mata pelajaran, melainkan disesuaikan dengan karakteristik dari projek dan permasalahan yang dibahas oleh peserta didik.

B.       DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA

Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi mengeluarkan surat keputusan NOMOR 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Profil pelajar 9 Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. Profil ini perlu sederhana dan mudah diingat dan dijalankan baik oleh pendidik maupun oleh pelajar agar dapat dihidupkan dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan pertimbangan tersebut, profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Pendidik perlu mengembangkan keenam dimensi tersebut secara menyeluruh sejak pendidikan anak usia dini. Selain itu, untuk membantu pemahaman yang lebih menyeluruh tentang dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, maka setiap dimensi dijelaskan maknanya dan diurutkan perkembangannya sesuai dengan tahap perkembangan psikologis dan kognitif anak dan remaja usia sekolah. Selanjutnya, setiap dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen dan sebagian elemen dijelaskan lebih konkrit menjadi subelemen.

 

BAB IV

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

A.      KOORDINATOR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Dalam melaksanakan P5 SLB Budi Asih Gombong membentuk Tim Pelaksana yang terdiri dari 9 koordinator pelaksana. Setiap coordinator bertanggung jawab pada kegiatan projek. Adapun rincian coordinator sebagai berikut:

No

Nama Koordinator

Kegiatan

1.           

Ika Yuliastuti, S.Pd

Fashion Show Baju dari Kain Perca

2.           

Tetes Nur S, S.Pd

Tari Rampak

3.           

Fitri Muningsari, S.Pd

Fashion Show Tema Profesi

4.           

Asri Kawuryan, S.Pd

Angklung

5.           

Meike Arintiya, S.Psi

Tari Capat Cipit

6.           

Dita Cahya Ningrum, S.Pd

Tari Burung Kutilang

7.           

Dhini Harnes Suteja, S.T

Tari Cepetan

8.           

Nur Azizah, S.Pd.I

Sayuran Organik

9.           

Retno Saptorini, S.E

Pembuatan Produk Telur Asin

 

B.       SUSUNAN PANITIA KEGIATAN ASESMEN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Nama

Jabatan

Tri Yuliani, S.Pd

Penanggung Jawab

Nur Azizah, S.Pd.I, Gr

Ketua Kegiatan

Ika Yuliastuti, S.Pd

Bendahara

Asri Kawuryan, S.Pd

Sekretaris 1

Fitri Muningsari, S.Pd

Sekretaris 2

Dhini Harnes Suteja, S.T

Seksi Dokumentasi 1

Febrika Mutiara Herawati

Seksi Dokumentasi 2

Dita Cahya Ningrum, S.Pd

Seksi Hubungan Masyarakat 1

Meike Arintiya, S.Psi

Seksi Hubungan Masyarakat 2

Tetes Nur Sofiatuningtiyas, S.Pd

Seksi Kegiatan 1

Fairuz Zulfa Adinda, S.Pd

Seksi Kegiatan 2

Rachmat Romadona, S.T

Seksi Sarana dan Prasarana 1

Heri Purwanto, S.Pd

Seksi Sarana dan Prasarana 2

Retno Saptorini, S.E

Seksi Komsumsi 1

Siti Khikmawati, A.Md

Seksi Komsumsi 2

Murnijati

Seksi Komsumsi 3

 

C.       PEMILIHAN TEMA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Berdasarkan KEPDIKMENRISTEK No. 262/M/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Mendikbudristek No. 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran, projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Berdasarkan karakteristik SLB Budi Asih Gombong dan keputusan bersama dewan pendidik, SLB Budi Asih Gombong memilih tiga tema projek yaitu; 1) Kearifan Lokal, 2) Gaya Hidup Berkelanjutan, dan 3) Kewirausahaan.  Projek Tema Kearifan Lokal menampilkan Tari Mutiara Nusantara, Tari Capat-Cipit, Tari Cepetan, Tari Rampak, dan Tari Burung Kutilang. Projek Tema Gaya Hidup Berkelanjutan menghasilkan Baju dari Kain Perca. Projek Tema Kewirausahaan menghasilkan produk Telor Asin dan Sayuran Organik.

 

D.      TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan sistem campuran, pelaksanaan kegiatan projek dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Juni 2024 di Pantai Jetis Cilacap. Semua peserta didik wajib mengikuti tiga projek dalam satu tahun ajaran. Projek dilaksanakan pada pukul 08.00 – 12.00 WIB.

 

BAB V

PENUTUP

Demikian Laporan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SLB Budi Asih Gombong ini kami susun. Ada pun hal-hal yang belum tercantum atau keliru dalam penyusunan laporan ini akan kami jadikan dasar perbaikan di kemudian hari. Kami menyadari dalam penyusunan laporan ini masih ada kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu kami berharap ibu/bapak berkenan untuk memberikan kritikan dan saran yang akan kami jadikan sebagai bahan perbaikan. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan ini.

 Gombong, 17 Juni 2024

 Salam Hormat,

 

 

Tim Penyusun








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Work Shop " Penyusunan dan Persetujuan Kurikulum Satuan Pendidikan " (KSP) Tahun 2025

Workshop penyusunan kurikulum SLB Budi Asih Kec.Gombong yang di laksanakan hari Rabu, 18 Juni 2025  merupakan kegiatan krusial bagi perencan...